IMF Imbau Pembuat Kebijakan Waspadai Proteksionisme Dagang AS

Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF) Christine Lagarde mendesak para pembuat kebijakan global untuk waspada terhadap proteksionisme perdagangan, setelah AS mengusulkan tarif baja dan aluminium.

"Pembuat-pembuat kebijakan perlu bekerja sama secara konstruktif untuk mengurangi hambatan perdagangan dan menyelesaikan perselisihan perdagangan tanpa menggunakan tindakan yang luar biasa," kata Lagarde dikutip Jumat (16/3/2018).

"Mereka harus memastikan bahwa tarif impor AS yang baru-baru ini diumumkan tidak mengarah pada eskalasi tindakan proteksionisme yang lebih luas," katanya.

Dia juga memperingatkan bahwa perang dagang akan merugikan pertumbuhan global dan mereka juga tidak dapat menang.Peringatan itu datang saat para menteri keuangan dan gubernur bank sentral dari Grup 20 (G20) bersiap untuk bertemu di Buenos Aires, Argentina pekan depan.

"Mereka akan fokus pada kebijakan-kebijakan yang diperlukan untuk melindungi kenaikan ekonomi global terhadap risiko-risiko penurunan dan mendorong pertumbuhan ke depan," kata ketua IMF.

Lagarde menilai perdagangan membahayakan bagi ekonomi dan buruk bagi manusia, sehingga sangat penting untuk menggunakan cara-cara fiskal untuk mengatasi ketidakseimbangan ekonomi global daripada meningkatkan hambatan baru dalam perdagangan. 

Pernyataan Lagarde juga muncul setelah Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengumumkan pekan lalu bahwa AS akan menerapkan tarif 25% untuk baja impor dan tarif 10% untuk aluminium impor dengan alasan keamanan nasional.

Langkah-langkah proteksionis unilateral ini telah memicu kritik yang meluas dan memicu ancaman pembalasan dari para mitra dagang utama, meningkatkan prospek eskalasi konflik perdagangan global yang mengancam pemulihan global.
IMF Imbau Pembuat Kebijakan Waspadai Proteksionisme Dagang AS IMF Imbau Pembuat Kebijakan Waspadai Proteksionisme Dagang AS Reviewed by lydiapradita on 08.48 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.