Tips dan Trik Merawat Koleksi Baju Batik Agar Warnanya Tidak Cepat Pudar

Batik saat ini tak hanya dikenal sebagai busana khas Indonesia di dalam negeri namun sudah merambah mancanegara. Bahkan tak jarang warga negara asing atau para turis yang berkunjung ke Indonesia mengenakan batik untuk menunjukkan kecintaan dan ketertarikannya pada salah satu busana warisan leluhur ini.
Untuk warga negara Indonesia sendiri, sudah tak diragukan lagi bahwa setiap orang memiliki minimal satu koleksi baju batik di dalam lemarinya. Hal ini dikarenakan selain cinta budaya bangsa, baju batik juga merupakan busana resmi yang cocok digunakan pada berbagai acara formal mau pun semi formal. Karena mulai dari anak sekolah, mahasiswa, bahkan pekerjaan kantoran pun memiliki jadwal menggunakan baju batik pada hari-hari tertentu yang ditetapkan.

Ditambah lagi saat ini ragam warna, corak dan model koleksi baju batik di pasaran makin beragam. Baju batik yang dulunya hanya digunakan oleh keturunan bangsawan pun kini jadi kecintaan setiap masyarakat Indonesia dan lekat dengan keseharian. Namun, baju batik ternyata dalam perawatannya harus diperlakukan secara khusus dan tidak boleh sembarangan. Tentu saja hal ini harus sangat diperhatikan jika Anda ingin warna dan bahan koleksi baju batik Anda tetap awet dan seperti baru.

Tips dan Trik Merawat Koleksi Baju Batik

Berikut beberapa tips dan trik yang sudah dirangkum secara khusus oleh Blibli.com agar koleksi baju batik Anda awet dan tidak cepat pudar warnanya,

· Pencucian

Seperti yang kita ketahui, meski produksi batik dalam jumlah besar menggunakan mesin untuk pembuatan motif dan pewarnaan, tak jarang beberapa produsen batik masih menggunakan cara manual untuk menjaga kualitas batik hasil produksi mereka. Proses panjang pembuatan motif hingga pewarnaan batik ini yang membuat koleksi baju batik harus diperlakukan secara khusus agar warnanya tetap awet dan cemerlang.

Pada pencucian pertama kali setelah dibeli, sebaiknya cuci koleksi baju batik baru Anda dengan tangan, bukan mesin.

· Gunakan sampo 

Cuci menggunakan air hangat dan gunakan sabun cuci yang lembut. Bahkan beberapa produsen batik menyarankan agar Anda mencuci baju batik dengan sampo agar warnanya tetap awet.

· Pisahkan

Sebaiknya Anda tidak mencampur koleksi baju batik Anda dengan baju lainnya saat akan dicuci. Hal ini dikarenakan kain batik sangat mudah mengalami atau justru terkena luntur dari baju lainnya. Alangkah lebih baik jika Anda mencuci koleksi baju batik Anda secara terpisah.

· Jangan diperas

Sebelum dijemur, sebaiknya Anda tidak memeras koleksi baju batik untuk mengurangi kadar airnya atau pun menggunakan mesin pengering. Cukup keringkan secara langsung ketika menjemur.

· Hindari kontak dengan matahari

Sebaiknya Anda menjemur koleksi baju batik di dalam rumah atau tempat yang terlindungi dari cahaya matahari langsung. Hal ini untuk mencegah memudarnya warna dari koleksi batik kesayangan Anda. Usahakan setiap lipatan baju batik Anda terpapar angin agar kering sempurna tanpa ada sisa sabun yang masih menempel dalam lipatan.

Deskripsi Koleksi Baju Batik

Di bawah ini adalah deskripsi singkat mengenai salah satu koleksi baju batik berkualitas yang ada di situs jual beli online, Blibli.com.

Mamalooks Aubrey Batik
· Baju batik khusus ibu menyusui 

· Desain motif batik etnik dalam nuansa cokelat nan elegan

· Bukaan khusus menyusui praktis model overwrap tanpa zipper

· Detail pleated cantik berbentuk peplum dan lengan balon klasik nan menawan

· Terbuat dari bahan katun khusus batik yang mudah menyerap keringat


Silakan kunjungi koleksi baju batik berkualitas di situs online terpercaya, Blibli.com dan dapatkan penawaran menarik di setiap harinya.

Demikian tadi ulasan singkat mengenai tips dan trik merawat koleksi baju batik hingga deskripsi salah satu produk baju batik yang diharapkan dapat menjadi referensi sebelum Anda berbelanja. Semoga bermanfaat.



Tips dan Trik Merawat Koleksi Baju Batik Agar Warnanya Tidak Cepat Pudar  Tips dan Trik Merawat Koleksi Baju Batik Agar Warnanya Tidak Cepat Pudar Reviewed by lydiapradita on 11.26 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.