Cara Mencuci Mesin Mobil yang Benar


Meski tersembunyi di balik kap, bukan berarti mesin mobil tidak butuh mendapat perhatian khusus. Salah satu perawatan yang dapat dilakukan ialah dengan mencuci bagian yang satu ini. 

Meski begitu, mencuci mesin mobil tidak dapat diperlakuan sama dengan mencuci eksterior. Ada sejumlah bagian yang malah sangat sensitif dan perlu perlakuan khusus.

"Dalam auto detailing, bila bagian lain kekeliruan masih dapat dibenerin, bila kena mesin, lagipula ECU (electronic control unit)-nya kena, dapat error satu mobil," cerah CEO XTO Indonesia, Christopher Sebastian.

Oleh karena itu, lelaki yang pun adalahpakar auto detailing ini lantas menyebut, "menyemprot mesin dengan air tersebut haram hukumnya." Bahkan mengguyur dengan air dalam jumlah besar pun tidak disarankan

Berdasarkan keterangan dari dia, dalam mencuci mesin sebenarnya lumayan menggunakan kain mikrofiber --seperti kanebo misalnya-- yang dicuci air, dan dapat dibantu dengan kuas guna menggosok unsur yang susah dijangkau.

Nah, bila yang dihadapi ialah noda yang membandel, ada teknik trik eksklusif yang dapat dilakukan.

"Biasa dipancar atau diguyur kan biar cepet luntur kotorannya. Sebenarnya tanpa desakan tinggi pun, mesin dapat dibersihkan bila pakai senyawa yang kuat," jelas Christopher lagi.

Senyawa yang dimaksud sendiri sebetulnya ada pada busa sabun. Meski begitu, andai menggunakan sabun biasa, menurut keterangan dari Christopher bakal tetap memerlukan tidak sedikit air guna efektif mencuci noda. Namun urusan ini otomatis menciptakan risiko ECU dapat terkena air semakin besar.

Oleh sebab tersebut sarannya ialah menggunakan sabun eksklusif untuk membasuh mesin kendaraan yang mempunyai kandungan kimia eksklusif yang dapat menolong menanggalkan kotoran pada mesin dengan gabungan air yang lebih sedikit.
Cara Mencuci Mesin Mobil yang Benar Cara Mencuci Mesin Mobil yang Benar Reviewed by lydiapradita on 21.51 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.