Alasan Penting Menggunakan Broker Asuransi


Memiliki asuransi bisnis adalah salah satu hal yang wajib dimiliki oleh pengusaha atau pebisnis sebagai salah satu cara untuk meminimalkan risiko kerugian finansial akibat dampak risiko yang terjadi. 

Di Indonesia sendiri perkembangan asuransi bisnis bisa dibilang bertumbuh pesat. Kondisi ini tidak bisa terlepas dari semakin sadarnya perusahaan melihat risiko bisnis yang bisa kapan saja terjadi dan menimbulkan kerugian finansial bagi perusahaan. 

Asuransi bisnis dinilai menjadi instrumen penting pengalih risiko yang muncul dari risiko bisnis. Pemilihan asuransi bisnis yang tepat dan sesuai kebutuhan perusahaan akan membuat jalannya bisnis mampu terpantau dengan baik dari segala kerugian yang ditimbulkan dari risiko bisnis. Namun untuk mengelola polis asuransi secara baik dan dan sesuai dengan risiko bisnis dalam jangka pendek maupun panjang tidaklah mudah. Dibutuhkan risk advisor yang bisa membantu perusahaan misalnya broker asuransi. 

Peran dan Fungsi Broker Asuransi 

Broker asuransi berperan untuk mewakili kepentingan klien (nasabah atau perusahaan). Broker asuransi umumnya memberikan jasa konsultasi mengenai risiko dan bagaimana memilih asuransi yang tepat sesuai risiko bisnis perusahaan. Broker asuransi juga memberikan variasi produk asuransi yang lebih beragam dari mitra perusahaan asuransinya sehingga bisa memberikan fleksibilitas kepada perusahaan. 
  1. Selain itu, broker asuransi akan membantu memilih polis asuransi, membuat desain kontrak asuransi bisnis yang tepat dan aman sesuai kebutuhan perusahaan dengan melihat bisnis yang dijalankan perusahaan dengan berdasarkan risk inspection. Berikut beberapa alasan para pengusaha atau pebisnis lebih memilih untuk menggunakan broker asuransi daripada mengelola polis asuransi mereka sendiri: 
  2. Broker asuransi mampu membantu, menilai dan mengelola risiko, serta memberikan nasihat tentang solusi asuransi yang sesuai dengan kebutuhan. 
  3. Membantu mengatur, memperoleh, dan memelihara asuransi bisnis dengan baik. 
  4. Bertindak sebagai advokat dalam penyelesaian klaim berdasarkan polus asuransi yang dimiliki. 
  5. Memberikan bantuan untuk memilih dan mengatur kebijakan dan paket asuransi yang sesuai dengan kebutuhan. 
  6. Memiliki keahlian teknis terperinci termasuk pengetahuan tentang pasar asuransi, harga, syarat dan ketentuan, manfaat dari berbagai kebijakan asuransi yang tersedia di pasar. 
  7. Memberikan bantuan dalam menafsirkan, mengatur dan melengkapi dokumentasi asuransi. 
  8. Pengalaman dalam memprediksi, mengelola dan mengurangi risiko. 
  9. Mampu memberikan bantuan dengan layanan yang berkaitan dengan asuransi seperti pendanaan premium dan tinjauan manajemen risiko. 

Namun, perlu dipahami bahwa beberapa alasan dan manfaat ekstra di atas akan diterima jika menggunakan broker asuransi yang tepercaya, berpengalaman dan profesional. Marsh Indonesia adalah salah satu broker asuransi yang sudah tepercaya dan berpengalaman dalam membantu mengelola risiko dan memberikan solusi asuransi bisnis bagi ribuan perusahaan di Indonesia dengan layanan penasihat dan solusi risiko berdasarkan analisa data.
Alasan Penting Menggunakan Broker Asuransi Alasan Penting Menggunakan Broker Asuransi Reviewed by lydiapradita on 20.32 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.