Kemampuan Ini Harus Kamu Miliki Jika Ingin Menjadi Seorang Data Analyst

Kemampuan-Ini-Harus-Kamu-Miliki-Jika-Ingin-Menjadi-Seorang-Data-Analyst
Sumber gambar: pixabay

Tugas utama pekerjaan data analyst adalah melakukan pengumpulan, pengelolaan, dan analisa data mentah maupun sudah jadi yang diambil dari berbagai sumber data. Proses yang harus dilakukan seorang data analyst adalah memvisualisasikan data tersebut yang telah dianalisis dengan menggunakan tools atau alat yang dapat membantu penganalisaan data. 

Nantinya data yang telah dianalisa dapat dikomunikasikan dengan pihak terkait, tujuannya untuk mendapat insight atau keputusan yang bermanfaat, digunakan untuk mengembangkan bisnis, dan tentunya menguntungkan pihak perusahaan. Untuk melaksanakan tugasnya, seorang data analyst tentu membutuhkan berbagai kemampuan diantaranya: 

Kemampuan dalam menilai bisnis 

Bukan hanya melakukan analisis data, seorang data analyst juga harus memiliki pengetahuan serta keterampilan dalam menilai kemajuan sebuah bisnis perusahaan. Jadi saat melakukan penarikan informasi dari kegiatan analisis, hasil yang didapatkan akan sejauh dengan bisnis perusahaan (baik berupa masukkan, kritik, maupun saran perbaikan). 

Kemampuan dalam komunikasi 

Tugas data analyst tidak hanya berkutat pada kegiatan analisis, namun ia juga wajib melakukan presentasi atau menjabarkan hasil analisis yang dilaksanakannya. Oleh karenanya, kemampuan dalam komunikasi seorang data analyst harus baik agar informasi yang dihasilkan bisa tersampaikan dengan jelas. Komunikasi yang dimaksud bukan hanya komunikasi dalam bentuk lisan maupun tulisan saja, namun masuk kategori di dalamnya body language, tata krama, penggolongan bahasa, dan lainnya. 

Kemampuan dalam presentasi 

Seperti yang telah dijelaskan di atas, seorang data analyst akan melakukan presentasi untuk menyampaikan hasil analisis yang dilakukannya. Kemampuan dalam komunikasi amat sangat diperlukan, pada saat presentasi seorang data analyst akan dijelaskan hal-hal teknis, menilai kemajuan mengenai bisnis perusahaan, menyampaikan kepada banyak pihak perusahaan. 

Presentasi sendiri merupakan sebuah kegiatan berbicara di hadapan pimpinan dan karyawan lain, kegiatannya bisa berupa pengajuan topik atau pendapat maupun informasi yang tentunya akan berguna untuk perusahaan. 

Kemampuan analisis 

Pekerjaan data analyst tentu membutuhkan kemampuan analisis yang kuat, jika tidak bukan seorang analis namanya. Umumnya pekerjaan di bidang data analyst mengharuskan lampu dalam mempelajari sebuah persoalan, menggunakan teknik serta kerangka kerja yang sistematis. Dalam melaksanakan tugasnya untuk menganalisis, seorang data analyst biasanya menggunakan prosedur dan kerangka kerja tertentu. Berbagai langkah yang digunakan katanya akan sangat mempermudah kegiatan analisis untuk berbagai masalah bisnis yang terjadi dalam perusahaan. 

Pemahaman dalam machine learning 

Dalam kegiatan analisis, biasanya menggunakan teknologi untuk melaksanakan kegiatan ini. Karenanya, seorang data analyst juga dituntut memahami machine learning. Machine learning merupakan cabang aplikasi dari artificial intelligence, bagusnya sendiri pada pengembangan sebuah sistem yang bisa belajar dengan 'sendiri' tanpa harus berulang-ulang di program oleh manusia. 

Dalam pengaplikasiannya, mesin satu ini membutuhkan data untuk bahan belajar sebelum akhirnya mengeluarkan output. Mesin jenis ini biasanya berada pada domain spesifik, jadi tidak bisa diterapkan secara umum atau general untuk semua permasalahan. 

Pemahaman statistik 

Statistika adalah ilmu yang mempelajari bagaimana merencanakan, mengumpulkan, menganalisa, menginterpretasi, dan mempresentasikan sebuah data. Ada beberapa konsep statistik yang harus dipelajari seperti mean, mode, median, dan standar deviasi, tentunya akan sangat dibutuhkan oleh seorang data analyst. 

Salah satu tugas data analyst adalah menafsirkan data menjadi sebuah informasi, karenanya memahami statistik tentu menjadi hal yang penting. Jika seorang data analyst memiliki kemampuan pemahaman statistik inferensial dan deskriptif yang kuat, tentu kemampuan tersebut akan sangat membantu dalam melaksanakan berbagai tugas yang diembannya. 

Pemahaman dalam bahasa pemrograman 

Akan lebih baik jika seorang data analyst memahami minimal satu bahasa pemrograman, namun jika mampu menguasai berbagai bahasa pemrograman tentu akan lebih baik. Umumnya yang banyak digunakan di kalangan data analyst adalah bahasa pemrograman SQL. 

Untuk memiliki kemampuan satu ini, data analyst bisa bergabung dengan berbagai komoditas yang ada untuk bertukar informasi serta meningkatkan kemampuan lainnya. Pengalaman dalam pemrograman juga sangat penting, hal ini akan membantu dalam memperkaya kemampuan yang ada. 

Selain berbagai kemampuan di atas, mungkin kalian memiliki pendapat lain mengenai Kemampuan apa yang harus dimiliki untuk pekerjaan data analyst. Profesi satu ini memang cukup populer belakangan ini, hal ini tidak lepas dari peran dunia teknologi yang semakin berkembang dengan pesat yang membuat kebutuhan bisnis semakin meningkat. Kemampuan data analyst mulai banyak dibutuhkan, tujuannya untuk meningkatkan persaingan bisnis serta lainnya tujuan perusahaan. 

Meski saat ini profesi data analyst masih kurang familiar di kalangan masyarakat awam, namun profesi satu ini menjadi yang banyak dibutuhkan oleh berbagai perusahaan terutama perusahaan besar.
Kemampuan Ini Harus Kamu Miliki Jika Ingin Menjadi Seorang Data Analyst Kemampuan Ini Harus Kamu Miliki Jika Ingin Menjadi Seorang Data Analyst Reviewed by lydiapradita on 11.51 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.